Burung Jalak Kebo juga Bisa Bicara

Saturday, February 21st 2015. | Pleci

Advertisement

Pada kesempatan yang lalu saya sudah memposting tentang bagaimana cara membedakan burung jalak kerbau jantan dengan jalak kerbau betina. Nah pada kesempatan yang ini juga saya akan membahas tentang jalak kerbau yang ternyata ia adalah burung yang mudah bersahabat. Awalnya akan saya ceritakan mengapa burung yang satu ini dijuluki burung jalak kerbau atau kebo? Awal kisah burung ini banyak kita jumpai di persawahan dan selalu hinggap di kerbau. Jadi dijuluki dengan jalak kerbau/ jalak kebo.

Burung Jalak Kebo juga Bisa Bicara

Ada juga lho yang sudah menjadikan burung  jalak kerbau/ jalak kebo dengan kerbaunya dijadikan ilustrasi sebagai bahan gambar yang menggambarkan betapa persahabatan antara dua ekor binatang yakni jalak dan kerbau yang begitu indahnya. Ada juga yang menyebutkan jalak kerbau dengan kerbau merupakan simbiosis mutualisme yakni saling menguntungkan satu sama lainya.

 Habitat Cucak Ijo Mini Dimana?

Kita mudah menjumpai burung jalak kebo ini jika kita berada di persawahan. Burung jalak kerbau ini memiliki ciri khas yakni warna dari burung ini hitam dan paruhnya berwarna kuning. Selalu hinggap di punggung kerbau yang ada di sawah dengan tujuan untuk memakan kutu-kutu yang ada di kerbau. Kalau kamu cukup tahu saja mungkin di persawahan yang ada di pedesaan jalak kerbau 10 tahun yang lalu masih mudah dijumpai. Karena bila disitu ada kerbau pasti disitu juga akan ada jalak kerbau.

Burung ini tergolong burung yang jinak yang bila mana kamu memeliharanya dalam sangkar. Burung jalak kerbau termasuk burung yang mudah jinak karena asal usul mereka dari alam liar yang mana telah terbiasa dengan kehadiran manusia seperti di persawahan. Di kalangan penghobi burung kicau sendiri burung jalak kerbau memang tak selalu menjadi primadona. Tetapi kebanyakan yang menyangkarkan burung ini dirumah hanya bertujuan untuk menjadikan hewan peliharaan yang mudah bersahabat dan dijadikan sebaggai penjaga rumah yang sangat baik.

Sepengalaman teman saya dia sudah lama memelihara jalak kerbau ini memberikan keterangan bahwa jalak kerbau dipilih karena ia merupakan burung yang tak mudah stres dan suara yang ia keluarkan cukup gacor, kata teman saya juga burung jalak kerbau yang mudah berbunyi bisa dilihat dari matanya. Bila yang mudah berbunyi maka matanya condong ke warna putih dan bukan kuning, katanya.

Nilai plus yang lain jalak kerbau ini yakni bila ia sedang mengicau maka tingkah lakunya akan menjadi daya tarik dan memikat pecinta burung kicauan. Wajar saja bila sedang mengicau maka tingkah lakunya akan mengangguk kepalanya yang dihiasi bulu-bulu yang mengembang. Lain dari itu jalak kerbau juga pandai diajarkan menirukan kata seperti kata ‘’makan’’ dan lainya meski tak sepintar beo.

Harga Burung Februari Maret 2015

TOLONG SHARE DAN LIKE YA, BIAR REJEKIMU LANCAR
tags: , , , , , , ,