Cara Memilih Burung yang bagus di Pasar Burung

Thursday, April 30th 2015. | Penyakit Burung Kicau

Advertisement

Sebenarnya ini merupakan masalah hidup dan mati burung yang kalian beli dan saya anggap ini masuk di kategori penyakit burung kicau. Kenapa begitu/ karena bila burung yang kalian beli itu sebenarnya tidak sehat maka yang terjadi adalah kematian burung yang sia-sia dan andapun akan rugi banyak pula. Jadi tips kali ini berlaku untuk semua jenis burung yang ada di pasar burung. Jadi bagaimana cara memilih burung yang bagus dan sehat di pasar burung, sebab sebagian besar burugn yang ada di pasar merupakan bakalan yang belum beradaptasi dengan lingkungan dan makanan.Cara Memilih Burung yang bagus di Pasar Burung

Jadi bila anda adalah penggemar burung pemula, artinya pas sekali ketika kalian mampir di situs ini, bayangkan bila kalian memelototi burung sampai pasarnya tutup tapi tetap saja salah memilih burung yang akhirnya mati ketika di bawa kerumah dalam beberapa hari. Ceritanya akan beda bila yang memilih adalah master burung yang sudah lama paham tentang burung yang bagus dan sehat.  Master burung biasanya hanya akan memelototi sebentar dan kemudian pergi karen asudah enmu yang bagus. Tapi dulunya para senior perburungan pernah juga menjadi pemula yang ketika memilih burung pernah salah jug, tapi dengan seiring waktu berjalan dan pengalaman yang bertambah maka para master burugn tersebut sudh hapal dan paham cara memilih burugn yang bagus.

Jadi bula kalian pemula sebaiknya gunakan penduan ini sebagai patokan ketika memilih burung di pasar burung :

  1. Bila kalian memilih burung yang biasanya di ombyok, misal burung pleci dan jenis lainnya, maka pilihlah yang paling lincah dan rakus makannya serta dia sering mengeluarkan bunyi, bila kalian memilih yang jinak lalat atau yang jinak maka bisa di pastikan kalau burung yang kalian pilih tersebut pasti penyakitan atau kurang sehat dan siap mati.
  2. Bila kalian kenal orang yang benar-benar paham dunia perburungan maka sebaiknya ajak dia untuk menjadi kir master anda.
  3. Biasanya para master burung juga senang berlama-lama di pedagang burung dan andapun sebagai pemula bisa juga melakukan hal yang sama untuk mendapatkan burung yang bagus dan sehat.
  4. Pilihlah pedagang yang bisa bertanggung jawap terhadap jualannya, banyak cara melakukan hal tersebut misalnya mengamati pedagang yang sering mangkal rutin, biasanya dia bisa di percaya dari pada yang mangkal tiga bulan sekali atau berpindah-pindah dan kembali kesitu dalam waktu lama.
  5. Bila anda mendapati burung yang gacor tapi cacat, maka sebaiknya tanyakan kenapa burugn itu bisa cacat, mungkin jatuh, kejepit atau yang lainnya.
  6. Bila burung itu burung bakalan maka perhatikan warna bulu yang mengkilap, bulu yang rapi dan halis, karena itulah tanda burugn sehat wal afiat, tapi perhatikan faktor di atas yang sudah saya tulis ya.

Suara Burung Decu

Suara Kicau Burung

Ok hanya itulah poin sederhana tapi sangat penting untuk di perhatikan dengan sekasama cara memilih burung.

TOLONG SHARE DAN LIKE YA, BIAR REJEKIMU LANCAR
tags: , , , , , , ,