Cara Menjinakkan Menyiapkan Burung Gereja sebagai Masteran

Sunday, February 8th 2015. | Burung Gereja

Advertisement

Burung gereja merupakan salah satu burung yang hidupnya berkelompok/berkoloni. Burung ini kebanyakan ada di perkotaan, kabel-kabel, dan lingkungan tempat tinggal disekitar rumah sobat kicau. Pasti sobat kicau sudah paham betul dengan yang namanya burung gereja ini. Burung gereje ini memang mudah untuk ditangkap dan dimiliki baik dengan cara menangkapnya secara sendiri dengan jebakan atau dengan membelinya di pasar burung. Tetapi yang susah biasanya adalah membuat burung gereja menjadi salah satu burung yang bisa bersuara nyaring dengan crecetanya yang terus menerus dan tentu saja jinak.Cara Menjinakkan Menyiapkan Burung Gereja sebagai Masteran

Banyak sobat kicau untuk mendapatkan burung gereja yang bagus baik dari segi suara, fisik dan juga dalam hal kejinakan dengan cara memelihara burung gereja ini dengan cara memeliharanya sejak usia dini, dengan tujuan untuk menjadikan burung gereja mudah dikendalikan/menjadi jinak. Kalau saja memelihara sudah usia dewasa, untuk menjadikan burung gereja sebagai burung memasterkan burung yang lain itu sangat susah, karena burung gereja dewasa biasanya sudah mempunyai sifat penakut terhadap manusia. Sebagai kuncinya bila ingin menjadikan burung gereja menjadi burung yang digunakan memasterkan burung yang lain nantinya pilihlah burung gereja dengan jenis kelamin jantan.

Selanjutnya cara untuk membuat burung gereja menjadi burung yang dapat memasterkan burung lain  itu sangat mudah, sobat kicau dapat menyimaknya di bawah ini :

  1. Pertama tempatkan burung gereja sobat kicau di tempat yang tenang dan kondusif jauh dari keramaian
  2. Untuk pemberian vitamin dianjurkan berikan vitamin  yang bertujuan untuk menghilangkan stresh pada burung gereja
  3. Kemudian dapat diberikan makanan yang berupa biji-bijian yang dicampur dengan pur. Untuk memenuhi kebutuhan lainya pakan dapat ditambahkan ulat hongkong dengan komposisi 4-6 ekor perhari
  4. Untuk memandikan burung gereja ini bisa digunakan dengan sprayer. Lebih baik air dicampur dengan shampo bernama Jati Jajar yang mana telah terbukti khasiatnya merapikan bulu dan membunuh kutu nantinya.
  5. Setelah semua selesai baru burung dapat dijemur. Penjemuran bisa dilakukan di tempat yang ramai dengan orang karena agar burung gereja mudah beradaptasi/cepat beradaptasi dan lama kelamaan burung gereja akan jinak nantinya.
  6. Bila sudah lumayan jinak sobat kicau dapat memberikan vitamin  untuk membantu burung gereje berbunyi gacor
  7. Sedangkan untuk perawatan burung gereja yang masih anakan bisa dilakukan dengan memberikan makan dengan cara lolohan.
  8. Pakan yang diberikan berupa kuning telur rebus, kroto dan pur dihaluskan. Bisa juga berupa jangkrik kecil yang mana dibuang kakinya dan kepalanya.
  9. Lakukan perawatan secara rutin untuk setiap harinya sampai burung gereja kelihatan gacor bunyinya
TOLONG SHARE DAN LIKE YA, BIAR REJEKIMU LANCAR
tags: , , , , , , ,