Cara Merawat Burung Kolibri Jumbo alias Cucak Kombo

Thursday, January 7th 2016. | Burung Cucak Kombo

Advertisement

Cara Merawat Burung Cucak Kombo, Cara Merawat Kolibri Jumbo, Merawat Burung Cucak Kombo, Merawat Kolibri Jumbo, Merawat Cucak Kombo – Untuk yang baru dengar, untuk di ketahui saja kalau cucak kombo di beberapa wilayah sering juga di sebut burung kolibri “burung madu” jumbo, pokoknya walaupun beda penyebutan burungnya ya hanya satu wujud itu, jadi jangan bingung kalau ada yang menamainya berbeda-beda. Kalau dalam fungsinya burung ini biasanya menjadi guru vokal untuk murai batu, kacer, cucak hijau dan beberapa jenis burung lomba lainnya.Cara Merawat Burung Kolibri Jumbo alias Cucak Kombo

Bila anda ingin memelihara cucak kombo bahan maka jangan kaget kalau burung ni agak bandel dalam hal makanan, termasuk yang susah di bikin makan voer dan dia termasuk yang susah bunyi bila dipelihara dari bakalan, mudah macet bunyi pula bila sesuatu kejadian terjadi padanya, misal kandang jatuh atau perawtan yang kwalitas pakannya menurun.

Perawatan amannya biar burung bisa segera bunyi dan bisa menyenangkan anda adalah sebagai berikut ini :

  1. Berikanlah 4 buah cepuk yagn terdiri dari epuk EF, cepuk air putih, cepuk air gula, dan cepuk air susu.
  2. Gantilah ari gula setiap maksimal 2 hari sekali supaya tidak basi dan menyebabkan jamur, kalau kalian sering telat gantinya maka burung akan pelan pelan malah mati sebab lama-lama pencernaannya jadi tak beres.
  3. Cucak kombo selain pemakan gula juga makan serangga, jadi setiap hari berikan EF secukupnya, bisa berupa kroto, ulat hongkong, jankrik kecil dan lain sebagainya.
  4. Lakukan pemandian terhadap cucak kombo 2 kali sehari bila cuaca bagus, dan setelahmandipun harus mengalami penjemuran untuk burun gini. Sebab burung ini termasuk yang mudah masuk angin bila mandi tak di keringkan atau pas cuaca burukj.
  5. Untuk kenyamanan burung cucak kombo maka pilihlah tangkringan kayu yang pas dengan jari kakinya, setiap burung yang bertengger di pegangan yang tepat akan membuatnya nyaman dan memancing dia buka paruh.
  6. kalau kalian meletakkan burung cucak kombo di sangkar yagn ukuran burung ciblek atau seukuran kandang locebird itu kurang tepat, sebab karakter burung ini yang suka terbang tinggi . Lagian burung yang kamu peihara adalah bakalan muda hutan dan harus merasa nyaman maka itu kandang idealnya ukuran 40 x 40 x 60 supaya nyaman dan memancing dia bunyi.

 

RitualĀ Burung Juara

Dengan cara yang simpel tersebut maka burung cucak kombo akan segera buka paruh pada waktunya nanti dan akan lebih cepet dari pada anda tak pakai cara seperti itu.

TOLONG SHARE DAN LIKE YA, BIAR REJEKIMU LANCAR
tags: , , , , , , ,