Cara Merawat Piyikan Burung Decu

Saturday, November 15th 2014. | Burung Decu

Advertisement

Merawat Piyikan Burung Decu

Lanjutan dari topik terdahulu tentang penangkaran burung decu serta cara penjodohannya, sekarang adalah cara memperhatikan atau merawat bayi decu. Bila telur pertama menetas maka tunggu sampai 3 hari lagi untuk membiarkan telur yang lainnya menetas pula, bila tak menetas berarti di pecah dan lihat bagaimana kondisinya. Seperti burung murai batu atau yang lainnya silahkan sebaiknya biarkan piyikan decu di pelihara indukan sampai umur 10 hari, setelah itu bisa di panen.

Bila panen silahkan angkat beserta susuh atau tempat bertelurnya biarkan glodog tetap di tempatnya, kalau kamu angkat ketika usia 10 hari biasanya indukan akan bertelur lagi 1 sampai 2 minggu kemudian, nah bila sampai tahap ini “tahap pakan EF untuk yagn sudah jodoh” berikan 8 sampai 10 ekor jangkrik tiap pagi dan sore.Cara Merawat Piyikan Decu

Tapi berikanlah tiap 2 atau3 hari sekali  kroto dan untuk burung yang sudah angkrem seminggu mulailah berikan full kroto atau ulat kandang, agar burung tidak kawatir anaknya mau di kasih makan apa, karena bil kawatir dia bisa membuang telurnya.

Bila telur sudah menetas hilangkan dulu porsi jangkrik sampai anakna bisa di panen, karena decu mudah sekali birahi jika diberi jangkrik. Kalau sudah birahi, dia bisa berlaku agresif, termasuk kepada anaknya sendiri.. Kalau mau meloloh anakan usia 10 hari cukup dengan voer yangmengandung 18% protein atau lebih. Loloh lah 5 hari dalam sehari, semunggu berikutnya bisa di kurangi frekwensi lolohannya menjadi 4 kali. Selanjutnya ajarin dia makan kroto, dan bila sudah berumur sebulan bisa juga diajarkan makan jangkrik yang di hilangkan kaki dan kepalanya.

Merawat Piyikan Decu

TOLONG SHARE DAN LIKE YA, BIAR REJEKIMU LANCAR
tags: , , , , ,