Cara Ternak Anis Kembang Mudah dan Berhasil

Wednesday, June 17th 2015. | Menangkar Burung

Advertisement

Burung anis kembang adalah kerabat dari burung anis merah, pada dasarnya burung ini tak kalah hebat dari anis merah asal kita bisa ngemong atau merawatnya, dan bila anda ingin melakukan penangkaran terhadap burung ini itu adalah hal yang sangat bagus karena belum banyak orang yang melakukan hal tersebut. Ternak Anis Kembang hanya butuh kandang penangkaran dengan ukuran kurang lebih 60 lebar, 90 panjang dan tinggi 180 senti meter saja. Apakah boleh lebih besar dari itu kandangnya? tentu saja boleh , tujuannya ukuran segitu adalah agar bila kamu juga ingin be ternak burung berukuran besar sebanding dengan anis kembang tetap bisa menggunakan kandang tersebut.Cara Ternak Anis Kembang Mudah dan Berhasil

Jadi apa yang menyebabkan ternak anis kembang bisa berhasil? Dalam semua jenis burung tidak ada pengecualian, yang penting adalah penjodohan yang berhasil yang akan menentukan kesuksesan ternak burung apapun. Penjodohan berhasil apa bila kedua burung anis kembang jantan dan betina sudah mempunyai tingkat birahii yang sama. Nah kalau sudah bisa sama maka yang terjadi adalah lebih cepat berjodohnya kedua burung tersebut.

Sarang untuk bertelur anis kembang cukup menggunakan potongan batok kelapa 2 buah biar burung bisa meilih sendiri nantinya. Dalam potongan batok kelapa tersebut silahkan kamu berikan daunpinus kering seperti halnya pada ternak murai batu. Kenapa tidak pakai kotak seperti murai batu? semua itu karena di alam liar burung ini bertelur dengan tempat pakan yang hanya seperti cawan tersebut. Oh ya jangan lupa untuk menempatkan kandang tangkarnya dalam sirkulasi udara yagn baik, juga pencahayaan cahaya matahari yagn baik pula. Bila bertelur, anis kembang bisa sampai mengeluarkan telur sebanyak 5 butir.

Nah pakan utama untuk ternak anis kembang adalah cacing tanah, kira-kira berapa harga cacing tanah sekarang ini perkilonya? 40 ribu- 45 ribu? bila di rasa terlalu mahal maka sebaiknya di ternak sendiri dalam baskom plastik, cacing tanah ini fungsinya untuk pemberian nutrisi dan menaikkan birahii anis kembang. Hmmm ngomong-ngomong bagaimana ya cara membedakan anis kembang jantan dan betina? mungkin ada berbagai macam cara, namuan anda bisa mencoba tips berikut ini :

  1. Dilihat dari bodynya kalau anis kembang jantan dia panjang dan kelihatan padat, sedangkan yang betina ciri bodynya besar juga terlihat mekar.
  2. Dilihat dari mata kalau jantna dia matanya melotot atau menonjol keluar, sedangkan betinanya tampak datar biasa saja.
  3. Dilihat dari cara berdiri, bila jantan dia cenderung tegak seperti mencondongkan dadanya, sedangkan yang betina seperti rebahan atau horizontal.
  4. Lalu bila burung anis kembang berumur 3 – 5 bulan kalau jantan dia akan kelihatan warna hitam mengkilat pada seputaran pangkal hidung.
  5. Pada umur 3 – 5 bulan jantan akan ngeriwik dengan mulut terbuka dan leher yang menggembung, sedangkan anis kembang betina akan ngeriwik dengan sedikit sekali paruh terbuka tapi tetap gembung tenggorokannya.

Cara Beternak Cucak Jenggot Mudah

Membuat Burung Pleci Menjadi Jawara

Lha kalau burung yang siap di kawinkann seperti apakah ? kalau jantan nyan biasa sambil koar2 mengeluarkan isiannya berdiri tegak dan kepala mendongak ke atas, sedangkan betina juga koar-koar tapi suara monotone sayap ngleper-ngleper adan merunduk tapi kepala mendongak keatas.

 

TOLONG SHARE DAN LIKE YA, BIAR REJEKIMU LANCAR
tags: , , , , , , ,