Cara Ternak Burung Pleci Pasti Sukses

Saturday, February 14th 2015. | Menangkar Burung

Advertisement

Ternak pleci kini dan kedepanya bisa menjanjikan bagi anda pecinta burung pleci. Banyak yang telah sukses dengan usahanya beternak pleci. Beternak pleci bagi pemula itu gampang-gampang susah. Saya menyimpulkan bahwa ternak pleci pada akhirnya juga sama/ hampir mirip seperti ternak burung kenari. Namanya beternak ya pasti membutuhkan pleci jantan dan betina. Hal itu merupakan langkah awal yang mana kita harus bisa menentukan dan membedakan mana pleci yang jantan dengan betina. Kalau sudah selanjutnya bisa siapkan kandang untuk pleci bersarang kemudian kawin.Cara Ternak Burung Pleci Pasti Sukses

Menangkar Burung

Ukuran sedang untuk kandang adalah ukuran yang paling baik bila digunakan untuk mengembangbiakan pleci. Kalau susah menggambarkan berapa ukuran kandangnya saya akan menyamakan sekiranya kandang ternak pleci sebesar kandang dari burung kacer. Begitulah sekiranya. Selanjutnya bisa lakukan langkah perjodohan dalam ternak pleci kali ini. Perjodohan antara pleci jantan dan betina usahakan untuk memilih pleci jantan yang berkualitas. Berkualitas maksutnya umurnya sudah masuk produksi dan suaranya juga sudah ngecribis. Itu merupakan salah satu ciri pejantan yang berkualitas.

Untuk ciri pleci yang sudah siap kawin/penjodohan dan nantinya siap untuk diternakkan adalah pleci dengan ciri sudah munculnya bulu putih di bagian tubuhnya. Untuk betina sendiri keadaan fisik tubuhnya membesar dan dihitung dari umurnya sudah siap. Bila sudah siap untuk pleci jantan dan betinanya selanjutnya cara menjodohkanya adalah dengan cara memulai dari kandang yang berbeda terlebih dahulu. Tetapi dengan kandang yang berbeda usahakan selalu berdekatan dan amatilah. Mengamati tujuanya yakni untuk memastikan apakah pleci itu jodoh apa tidak, bila jodoh maka tidurnya akan berdekatan bila tidak satu sama lain akan menjauh selama kurang lebih 2 minggu.

Untuk mengetes apa perjodohan itu berhasil dapat dilakukan lagi dengan cara menjauhkan kandang jantan dan betina, amati lagi apakah jantan dan betina saling saut menyaut kicauan? Bila ia itu memang jodoh bila tidak berarti tidak jodoh. Selanjutnya bila memang benar jodoh maka bisa satukan antara pleci pejantan dengan pleci betinanya dalam satu sangkar. Waktu kawinnya tidak akan lama lagi dan tunggu pleci betina 2minggu setelah kawin untuk menghasilkan telur. Kemudian jika indukan betina sudah bertelur maka akan mengerami telur dan telur akan menetas pada umur 11 hari.

Setelah itu perlu disediakan tempat ternak pleci, yakni sarangnya. Buatlah dengan kotak saja untuk susunan sarang biarlah si pleci membuatnya sendiri. Selesai dengan sarang kemudian untuk pakan perlu diperhatikan, perhatikan asupan gizi dan nutrisinya. Pakan yang baik untuk pleci yang diternakkan adalah sebagai berikut :

  1. Jangkrik yang diiris halus
  2. Kroto
  3. Buah pisang jenis kapok
  4. Ulat kandang komposisi 5 dalam sehari

Perawatan Burung Kolibri Supaya Gacor Panjang Umur

Bila sudah saatnya betina mengerami dan mengurus telurnya perlu diperhatikan bagi pleci jantanya. Pleci jantan sebaiknya di ambil dan dipisah dalam kandang yang berbeda dengan si betina. Dan bisa di jadikan satu lagi saat pagi menjelang sampai sore hari. Kenapa kalau malam dipisah, karena ditakutkan kalau malam hanya akan mengganggu betina mengerami atau mengurus telurnya yang sudah menetas. Jadi lebih baik dipisah saja. Nah itulah sedikit tips untuk budidaya pleci yang benar dan jangan pernah takut gagal untuk berhasil. Selamat mencoba dan sukses.

TOLONG SHARE DAN LIKE YA, BIAR REJEKIMU LANCAR
tags: , , , , , , ,