Fakta Mitos Burung Murai Batu yang katanya

Sunday, May 17th 2015. | Burung Murai Batu

Advertisement

Ternyata masih banyak kicau mania yang kurang memperhatikan katakanlah teori, karena mengandalkan praktek terus sebab belajar dari pengalaman yang kadang masih sering banyak mencari katarungan burung menggunakan mitos, bukan fakta dan lain sebagainya. Kita akan segera kupas fakta dan mitos tentang murai batu yang banyak beredar di masyarakat dan masih dipakai untuk patokan baku yang padahal sama sekali tidak baku.Fakta Mitos Burung Murai Batu yang katanya

Pemahaman murai batu yang salah kaprah :

  1. Ketrekan burung murai batu, nah disini berkembang mitosnya kalau burung murai yang  ketrekannya 2 atau 3 kali dan bisa berturut-turut berarti mental tempurnya bagus, tapi ada juga yang menilai dari kerasnya suara ketrekan yang menganggap ketrekan keras menandakan suara burung bakal keras juga, faktanya banyak murai batu dengan ketrekan biasa saja tapi waktu tarung suaranya keras sekali.
  2. Murai batu besar dan lonjong, yang perlu di perhatikan itu adalah struktur kerongkongannya, sebab segede apapun body nya kalau bentuk kerongkongannya tidak memungkinkan pita suara murai bergetar maksimal ya tak akan keras.
  3. Mata murai batu melotot, ya mungkin ini bagus untuk tampilan burung dan kegagahan burung, walaupun sebenarnya tak ada hubungannya mental katarungan burung dengan urusan mata, fakta yagn terjadi adalah banyak burung yang matanya biasa saja atau bahkan ada yang sipit tetap bisa mempunyai kinerja bagus dilapangan.
  4. Kaki murai batu hitam, nah ini kadang terus di jadikan patokan untuk menaikkan harga jual murai dengan sebutan kaki hitam kwkkwkwwk dan di percaya lagi kalau katarungannya bakalan bagus dengan suara yang menggelegar. Warna kaki itu adalah kelompok murai dalam habitat tertentu, nah dalam komunitas habitat tersebut tentu ada burung yang menjadi raja dan ada yagn menjadi unthull, kalau kamu dapetnya yang unthul ya gimana bisa mau menang.

Jadi bagai mana cara mencari burung murai batu yang bagus? kalian harus ngetrek setiap murai yang kalian incar, karena untuk mengukur kerasnya suara, sebab belum tentu burung yang keras ngeplongnya akan keras juga ketika ngeluarkan suara isiannya. Lalu dengan adanya sparing partner, kamu bisa melihat kalau burung tersebut bakalan loncat atau tidak , atau malah ngeruji.

Suara Burung Kepodang

Suara Burung Kacer Filipina 

Burung yang suka loncat bisa jadi karena terlalu galak, atau mentalnya yang down, ya walopun ada yang memang bawaan tukang loncat, bila itu yang terjadi, si murai batu tak bisa di perbaiki.

TOLONG SHARE DAN LIKE YA, BIAR REJEKIMU LANCAR
tags: , , , , , , ,