Guru Masteran Burung Cucak Rowo Paling Bagus dan Murah

Sunday, March 22nd 2015. | Burung Trucukan

Advertisement

Hayo siapa yang gak tahu burung trucukan? Kalau kamu belum tahu tetang hal itu, nih aku kasih tahu. Burung trucukan merupakan salah satu burung kicauan yang termasuk dalam keluarga cucak-cucakan, burung trucukan mempunyai nama samaran/ istilah lain yakni krocokan dan jogjog. Trucukan masuk dalam burung kicauan yang habitatnya ada di Asia, Afrika. Sedangkan persebaranya meliputi wilayah Asia Tenggara Filipina dan Semenanjung Malaya. Untuk di Indonesia sendiri trucukan bisa kamu temui habitat aslinya di pulau Sumatra, Jawa Bali, dan Kalimantan. Kamu bisa mengenali trucukan di alam bebas dengan ciri dia terbang diatas ketinggian 1500 m dpl, sarangnya terbuat dari rumput dan cawang yang halus, didalamnya jika terdapat telur maka telurnya berjumlah 2-3 butir saja. Guru Masteran Burung Cucak Rowo Paling Bagus dan Murah

Burung Poci

Tak hanya di hutan yang lebat kamu bisa menemui trucukan ini dikota kota besar yang penuh polusi karena pada mulanya burung trucukan hampir sama dengan kutilang. Burung trucukan bukan burung petarung tetapi ia hanya bersifat menjaga daerah kekuasaanya/ teritorialnya. Trucukan juga sering sih terbang berkelompok seperti dalam hal mencari makanan dan trucukan suka engan tempat yang terbuka seperti, kebun, hutan, hutan sekunder, taman kota, tepi jalan, dsb.

Secara fisik kamu bisa mengenali trucukan dengan ciri  panjang tubuh dan besar tubuhnya berukuran sedang, tak terlalu besar dan juga tak terlalu kecil. Panjangnya saja hanya 20 cm. Untuk bulunya warnanya di atas dan di bagian sisi warnanya coklat kelabu gelap, sedangkan sisi bawahnya berwarna putih tetapi kusam. Di atas ada mahkota/ jambul tapi sedikit berawarna hitam kehitaman, mata dan sekitarnya berwarna putih. Bagian pantat bulunya berwarna kuning dan untuk kaki abu-abu merah jambu seperti jambu pasar minggu kalu sudah matang itu warnanya.

Dari penampilan fisik yang seperti itu maka dari kalangan pecinta burung kicauan jarang yang memelihara trucukan, alasanya sih kurang menarik. Tetapi kamu bisa mengenali trucukan sebenarnya bisa dimana saja, burung ii juga banyak diperjual di pasaran. Sedangkan yang memelihara trucukan kebanyakan mereka beralasan burung ini mudah untuk dipelihara dan harganya pun murah kalau hanya sekedar dipelihara sebagai burung peliharaan saja. Memeliharanya dengan memberi makan rutin dan membersihkan kandang, seperti merawat burung kicauan lainya sih. Trucukan bisa kamu berikan makanan dalam bentuk voer, serangga kecil atau juga bisa buah-buahan. Untuk serangga kecil bisa kamu berikan jangkrik, belalang, dan ulat. Untuk buah bisa juga diberikan pepaya dan pisang yang sudah matang tentunya.

Bagi mereka yang memelihara trucukan bisanya hanya dijadikan sekedar sebagai burung penjaga rumah. Karena burung ini sering bersuara lantang jika melihat oarang yang ia kenal atau baru liat dekat dengan dia. Apalagi kalu trucukan sudah terlatih, ia akan bersuara keras dan juga disertai dengan kepakan sayapnya seperti burung elang yang sedang bermanuver diudara. Kenapa juga burung ini dikenal sebagai trucukan?

Cendet Pentet

Karena tak lain suara yang dikeluarkan dari burung ini adalah seperti ini “cruuuk…cruuuuukk…cruukkk” maka dari itu buurung ini dijuluki trucukan. Agak aneh sih tapi itulah yang terjadi. Untuk membedakan jantan dan betina gampang, kamu bisa mengenali dari suaranya saja, jika hjantan maka melengking keras dan bervariasi jika betina agak redup suaranya.

TOLONG SHARE DAN LIKE YA, BIAR REJEKIMU LANCAR
tags: , , , , , , ,