Ini Dia Cara Juri Menilai Burung Kacer Saat Lomba

Friday, January 22nd 2016. | Burung Poci

Advertisement

cara penilaiaan lomba kacer,kriteria penilaian lomba kacer,penilaian kacer saat lomba,cara juri menilai lomba poci,penilaian kacer saat poci – Sebagian orang ada yagn bertanya mengapa saat lomba yang mengadakan EO A kok burung kacernya bisa menang tapi ketika pas lomba di EO B kok burungnya bisa tidak juara? Apakah tiap EO punya cara tersendiri utnuk menilai suatu lomba burung? Jawabannya mungkin iya mungkin tidak, sebab sebenarnya dalam penilaian lomba suatu burung, semua juri sudah tahu yang harus di nilai itu apa saja. Paa umumnya pakem penilaian pada lomba burung kacer itu sama , jangan hanya di lihat dari penampilan burung yang ekornya mau ngebyak atau bisa meliuk-liuk.Ini Dia Cara Juri Menilai Burung Kacer Saat Lomba

Ini lomba kicau burung bukan lomba nari burung. ya biar lebih jelas kita simak apa saja sih kriteria penilaian para juri ketika burung kacer di lombakan :

  • Irama lagu kacer , maksudnya adalah irama yang di lantunkan unik, menonjolkan suara kasar bukan siulan bawaan burung kacer.
  • Lagu kacer, maksudnya adalah sebaiknya kacernya bisa melagukan suara yang berbeda-beda, kalau lagu pertama sudah di lagukan maka harus melagukan lagu ke dua dan seterusnya, kalau lagu pertama di ulang-ulang itu namanya kurang bagus.
  • Volume burung, maksudnya adalah burung harus bersuara tebal tidak tipis dan juga harus keras sampai bisa terdengar di telinga juri.
  • Ngerol, maksudnya adalah lagu yang di nyanyikan tidak monotone dan dilakukan terus menerus berulang-ulang, maka itu butuh nafas panjang untuk hal ini.
  • Seed/spasi burug, maksudnya adalah dalam pergantian lag itu sebaiknya harus rapat, tapi meskipun ada jeda, juri bisa tahu jeda lama dan sedikit saat burung ambil nafas, jadi sebisa mungkin burungmu harus seperti tanpa jeda ketika berpindah-pindah lagu.
  • Intonasi, maksudnya adalah kacer yagn bagus akan punya intonasi yang dia sendiri tahu nada tinggi-rendah-tinggi-sedang-rendah-tinggi seperti bergelombang dan tertata rapi sehingga enak di dengar kalau bagi kita.
  • Power, maksudnya adalah  punya tenaga untuk menyanyikan kicauannya sehingga bisa terdengar jelas, kalau kacermu nggembos alias mangap saja tapi tak ada suara itu jelas kalah.
  • Isian, maksudnya adalah variasi suar yang di bawakan burung kacer, kalau kamu bisa menamilkan semua suara ini berarti burung kacermu jenius “kolibri, pelatuk, jalak, cucak jenggot, cililin, tengkek buto, siri-siri, kenari, blacktroat, branjangan, sanma, hwa mey, love bird, kapas tembak, ciblek “.
  • Durasi kerja, maksudnya adalah, burungmu harus bisa terus bernyanyi sampai minimal 85% dari waktu lomba yang telah di tentukan, tapi kalau burungmua ngeruji ke sangkar alias nabrak jeruji, turun kebawah tangkringan alias ngelantai, Mbagong/Mbalon/kuda lumping maka itu bisa mengurangi nilai sampai di diss.
  • Gaya/tarian, maksudnya adalah ini penilaian yang menentukan bila ada burung yang nilainya sama maka bila gayanya berbeda yang  bisa nari yang menang “meliuk-liuk, buka ekor, buka sayap, ngerol menghadap keatas”.
  • Fisik, maksudnya adalah jelas harus burung sehat.

 

Jenis Burung Prenjak Kepala Merah

Memilih Bakalan Prenjak Kepala Merah

Untuk beberapa EO memang ada yang memberi dispensasi utnuk kacer yang mbagong di awal lomba atau penilaian, tapi klau di tengah dan di akhir maka disss.

TOLONG SHARE DAN LIKE YA, BIAR REJEKIMU LANCAR
tags: , , , , , , ,