Kunci Sukses Beternak Burung Murai Batu

Thursday, November 6th 2014. | Menangkar Burung

Advertisement

Kunci Sukses Beternak Burung Murai Batu

Yang akan saya share berikut ini adalah bagaimana cara beternak atau menangkar burung pemakan serangga, ya di sini bisa murai batu bisa juga kacer atau yang lainnya, tapi untuk yang lainnya menyesuaikan saja karena kurang lebih sama seperti berikut ini. Ok kita bahas beternak murai batu saja. Yang akan menjadi kunci kesuksesan beternak murai adalah penyamaan birahi antara si jantan dan betina yang di pengaruhi oleh pemberian pakan EF berupa jangkrik, kalian akan mulai menyetel birahi burung ini bila kalian mendapatkan murai yang sudah dewasa seperti yang akan saya jabarkan nanti. Tapi bila kalian punya burung murai dari anakan hingga dewasa bisa juga mngikuti aturan ini tapi bisa juga tidak karena mungkin kalian menyetel pakannya dengan teknik tersendiri semisal full jangkrik.

Kita mulai dengan pengertian kalau burung jantan dan betina birahinya lebih sukar jantan karena bila si betina mempunyai siklus birahi tiap bulan kalau si jantan tak tentu, makanya disini di perlukan setingan yang pas dalam pemberian jangkrik. Burung yang tak jodoh meskipun di dalam kandang berduaan tidak bertarung biasanya betina akan tetap bertelur tapi itu telur yang tidak di buahi jantan.Kunci Sukses Beternak Burung Murai

Nah sampai disini apa kira-kira tanda burung sedang birahi? Burung suka bergerak lincah, suka teriak-teriak sahut sahutan, suka saling mengejar tapi bukan untuk bertarung mati-matian. Ada lagi masalah bila kalian langsung menyatukan jantan dan betina pada kandang ternak, yang terjadi adalah keduanya bisa bertempur habis habisan dan bila itu di jodohkan kembali akan memerlukan waktu yang lama.

Sobat kicau kunci utama membuat burung birahi adalah protein tinggi, tapi jangan berlebihan maksudnya jangan langsung memberikan jangkrik sebanyak-banyaknya bila ingin mereka birahi karena kamu tak bisa mengontrol berapa yang dimakan jantan dan berapa yang dimakan betina, sebagai catatan, murai batu bisa birahi hanya dengan setelah 2 sampai 3 jangkrik pagi dan sore untuk betina dan 5 -6 ekor jangkri pagi dan sore untuk jantan, tapi ada taknik lain yang menggunakan fuull jangkrik, ada tapinya lagi teknik full jangkrik hanya digunakan 10% penangkar yang memang karakter burungnya maunya begitu, namun 90% penangkar menggunakan teknik yang saya tulis ini.

Lha gimana cara memberikan jangkrik biar bisa beda jantan dan betinanya? Gampang betinanya letakkan di dalam kandang penangkaran beserta susuhnya sedangkan jantannya biarkan diĀ  kandang lebih kecil diluar kandang tangkar saja, nanti bila sudah di seting dan terlihat betinanya sudah buat sarang maka masukkan saja jantannya biar mereka kawin setelah bertelor pisahkan lagi mereka atau tergantung karakter burung boleh tetap di biarkan bersama di dalam. Telur akan menetas kurang lebih 12 hari kemudian untuk murai batu.

Kunci Sukses Beternak Burung Murai

TOLONG SHARE DAN LIKE YA, BIAR REJEKIMU LANCAR
tags: , , , , , , , , , , ,