Panduan Cara Memilih Burung MErpati Balap yang Bagus

Saturday, June 27th 2015. | Burung Merpati Balap

Advertisement

Bila anda adalah seorang pemula yang sedang menggeluti hobi burung merpati balap maka ini adalah tempat yagn tepat, apa lagi tak ada pendamping ketika memilih burung yang akan di beli, sekalipun ada pendamping mungkin ilmunya belum sekelas master merpati, jadi mudah-mudahan artikel ini bisa membantu menambah ilmu yang merasa kekurangan ilmu tentang perburungan merpati. Ada tips paling mujarap tanpa membaca artikel ini sampai lanjut, yaitu bila anda punya uang yagn banyak, sebaiknya cari penangkar burung merpati  balap yang hasil tangkarannya pernah moncer ketika balapan.

Kenapa ke peternak yang mempunyai merpati balap jawara? karena bila anda membeli burung darinya anda bisa mendapatkan trah dalam bentuk sertifikat siapa bapak dan ibunya, tapi untuk yang keuangannya cupet, anda bisa pergi ke pasar burung, pa da dasarnya burung trah jawara dulunya juga hasil dapat dari pasar burung saat belum ada yang menagnkarkan, mereka bisa mendapatkan burung jawara dengan seleksi dan pengalaman mereka dalam memilih di pasar, sebab di pasar burung banyak sekali burung yang berprospek bagus hanya saja belum ketahuan dan belum di garap dengan maksimal.Panduan Cara Memilih Burung MErpati Balap yang Bagus

Lalau berikutnya adalah ilmu untuk menilai apakah burung merpati yang akan anda beli itu adalah berprospek bagus atau tidak. Dengan membaca beberapa poin penting berikut ini dan di tambah pengalaman anda, pasti akan lebih baik dalam melakukan penilaian merpati balap yang di incar, kita pelajari dari yang paling buncit dulu sebagai berikut :

  1. Perhatikan kaki-kaki burung merpati cari kuku yang kering juga tebal, karena ini akan menjelaskan baik buruk tulang burung secara keseluruhan, di tambah lagi kaki burung merpati harus slonjor ke belakang serta panjang , karena ini akan mencerminkan kemampuan mendarat burung yang bagus, cara ini anda harus pegang burungnya.
  2. Perhatikan paruh burung merpati balap anda, carilah paruh yang kering dan ada sedikit retak-retak serta paruh yang seperti burung elang, bagian depan tipis itu lebih baik.
  3. Ceklah bagian tulang supitnya, kalau ini butuh pengalaman dan eksperimen tentang jarak atau kondisi tulang supit, pilih yang tak terlalu sempit juga tak terlalu renggang.
  4. Untuk lubang hidung merpati balap harus sesuai dengan paruh burungnya, lubang hidung yang tidak besar biasanya paruh juga kecil atau tipis.
  5. Perhatikan bentuk tubuhnya dan timang, ini butuh pengalaman, jangan memilih yang gemuk atau berat badan berat, rasakan kegemburan dagingnya yang harus gembur dengan otot yang kering, ini pengaruh pada kecepatan terbang. Perhatikan juga pundak burung dari depan, harus rapat di bagian kiri dan kanan, pinggang yang ramping yang diyakini punya kekuatan lebih dalam balap. pda bagian dada harus membusung ke depan tujuannya biar membelah anginnya bagus sebab titik beratnya di depan.
  6. Perhatikan matanya, merpati yang bagus akan merespon cahanya dengan cepat melalui pergerakan pupil mata yagn cepat berubah, usahakan pula cari burung merpati balap yang punya tiga lingkaran warna, sebab diyakini mentalnya bagus. Perhatikan kejernihan dan kebeningan matanya jangan cari yang matanya melotot sampai keluar pelupuk mata, cari yagn pelupuk matanya berwarna merah.
  7. Pion paling penting dan terakhir adalah bagian bulu burung, karena burung ini ditujukan untuk balapan maka kuncinya ada di sini, bulu merpati yang tebal dan mengkilap akan menandakan dia kebal udaradan bisa melayang baik, pada bulu sayap juga baiknya tebal dan rabi dan caru yagn ujung sayapnya bisa sampai ekor. Cari dan perhatikan bulu ekor yang harus lurus saat mengembang atau tidak, jangan cari yagn bulunya melengkung, ini pengaruh dalam terbangnya.

Suara Burung SangKen Mp3 

Suara Burung  Paling Ngebren 

YA itulah pion penting  dalam memilih burung merpati balap yang bagus, semoga bermanfaat.

TOLONG SHARE DAN LIKE YA, BIAR REJEKIMU LANCAR
tags: , , , , , , ,