Tahap Penjinakan Burung Murai Batu Muda Hutan Bakalan

Friday, November 6th 2015. | Burung Murai Batu

Advertisement

Penjinakan Burung Murai Batu Muda Hutan,Penjinakan Burung Murai Batu Bakalan,Tahap Penjinakan Murai Muda Hutan,Tahap Penjinakan Murai Bakalan – Sudah menjadi kebiasaan dalam lomba rung sejak tahun 2003 kalau burung murai batu merupakan burung favorit dalam setiap lomba yang diadakan, karena keindahan warna bulunya, bentuk bodynya yang menawan, dan suaranya yang bisa berfariasi menjadikan burung murai batu di juluki si peniru hebat. Bila bertarung burung ini akan memainkan suara khasnya sendiri ataupun suara burung lain yang telah di rekamnya dengan baik, semua muatan dalam otaknya tentang berbagai macam suara burung akan di keluarkan dengan apik.

Kalau kalian bertanya mana burung murai batu yang lebih hebat, dari hutan atau tangkaran? sampai saat ini belum ada bukti yagn valid atau menjamin bahwa salahs atu dari hal tersebut bisa dikatakan yagn paling bagus, nah untuk emmbantu menyelamatkan murai batu bakalan atau muda hutan sebaiknya kita lakukan hal berikut ini ketika sudah mendapatkan murai tangkapan hutan.Tahap Penjinakan Burung Murai Batu Muda Hutan Bakalan

Apapun kondisi burung yang kamu beli dari hasil tangkapan hutan, brung murai batu itu telah melewati perjalanan yang panjang untuk sampai di pulau jawa, banyak kicau mania pemula yang gagal dalam merawat bakalan murai karena banyak faktor, kunci utama dari semua itu adalah buat burung itu sehat kembali, lakau dia sehat berarti dia tidak sedang stress.

Di sinilah kesabaran, ketelatenan, dan kemampuan ilmu kita tentang perawatan burung benar-benar di uji, Burung yang belum makan voer, kondisinya akan cenderung lemah , untuk mengatasi masalah pertama ini, berikan dia makanan yang di sukainya dan yang baik, klau kroto ya jangan berikan kroto basi atau kroto kotor, kalau jangkrik sebaiknya berikan makan jangkrik itu makan buah atau sayur yang bergizi dulu.

Berikan burung murai batu itu krakap selalu, atau letakkan dulu di tempat sepi dulu, latih dulu sampai dia mau makan voer., kalau mau di jemur cukup 30 menit saja. Ohya jangan lupa berikan vitamin pada minuman burung dan ganti tiap hari airnya. Kalau burung sudah makan voer, maka silahkan lakukan pola rawatan harian mulai di terapkan. tapi kalau belum makan voer ya lakukan pelatihan makan voer, caranya dengan cara mengaduk kroto dan voer dengan sedikti air biar voer nempel pada kroto. atau gunting jangkrik menjadi beberapa bagian dan campur dengan voer halus.

Kalau burung terpantau sudah makan voer baru pisah setiap pakan yang ada di cepuk masing masing. Untuk pemasteran burung murai batu bakalan muda hutan, gunakan satu atau 2 burung dulu, misal cucak jenggot dan kenari, tempel terus selama 2 minggu dan lihat perkembangannya.Pemasteran dalam tahap ini bisa di lakuakn dari pagi sampai sore, kalau pakai mp3 bisa sampai malam tapi waktunya burung tidur ya biarkan tidur tak usah di master.

Prenjak

Nah nantinya bila burung murai batu bakalan muda hutan itu sudah gacor, kamu bisa mencoba treking dengan satu murai batu yang sudah gacor pula, jaraknya 5 meter atau 6 meter dulu, pantau apakah dia mau melawan dengan kicauannya? bila mau berarti mentalnya bagus, lanjutkan 2 minggu kemudian untuk ngetrek lagi tapi dengan jarak lebih dekat sekitar 1 meter kalau dia terlauhat berkicau sambil mengeluarkan isiannya maka memang burung itu mental tempurnya oke banget, nah bila menemukan hal tersebut maka tambah sedikit ladi dalam setelah EF nya., kalau vitaminnya tetap konstan saja ndak papa.

Resep Makanan Burung

Nah saat nya turun ke arena lomba yang sebenarnya, tiap akan lomba karantina burung untuk menghemat tenaganya.

TOLONG SHARE DAN LIKE YA, BIAR REJEKIMU LANCAR
tags: , , , , , , ,